SEJARAH DESA TEGAK

  • Dibaca: 2349 Pengunjung

Sejarah Singkat Desa Tegak

         Menurut penuturan para orang tua-tua / serta tokoh-tokoh masyarakat yang dapat dipercaya, bahwasannya Desa Tegak ada berawal dari pernikahan putri raja karangasem yang dipersunting I Dewa Agung Jambe Raja Klungkung pada permulaan abad XVII. Dalam perkawinannya ke Puri Klungkung sang putri dikawal oleh 200 orang pilihan dari 13 desa sewilayah karangasem menuju ke Puri Klungkung.

         Pengiring inilah cikal bakal pendiri Desa Tegak serta ditempatkan dipalemahan / wilayah Yang Api ( dibarat laut Desa Akah ) yang sempat ditugasi memadamkan pembenrontakan di Desa Wangsian. Di tempat barunya inilah rombongan ini ( leluhur orang-orang tegak di tempat barunya harus menghadapi keganasan Dadong guliang yang ahli dalam ilmu pengleakan.

Pada masa itu terjadi permusuhan antara I Gusti Dauh Batan Bingin dengan Raja Klungkung, I Gusti Dauh akan dibantu oleh saudara-saudaranya dari Desa Sidemen dan Desa Selat Duda Karangsem. Untuk menanggulangi hal itu raja Klungkung memerlukan orang-orang kuat, pilihan jatuh kepada pengiring yang mendiami Bumi Yang Api. Pengiring ( leluhur orang-orang Tegak ) mendapat perintah untuk menempati tempat baru yaitu di sebelah timur laut Desa Selat atau Kategakang

( sekarang disebut Desa Tegak ) mendapat tugas menghadang/ membunuh bala bantuan yang datang dati timur dan utara, bertugas memata-matai gerak-gerik orang Selat atau musuh raja Klungkung.

Di tempat baru leluhur desa Tegak mendirikan Desa dan membagi kekuatan dalam 5 tempek. Kelima pimpinan Tempek yang disebut Perbekel bersatu mempertehankan wilayah Kerajaan Klungkung sehingga ajeglah kekuasaan Raja Klungkung. Sejak itu berawal dari Kategakang, desa itu berubah nama menjadi Desa Tegak.

Perkiraan tahun berdirinya Desa tegak adalah sejaman dengan pemerintahan kerajaan Dewa agung jambe yang memerintah dari Tahun sampai dengan Tahun 1720 masehi. Untuk menguji perkiraan ini dapat kita lihat Candra Sangkala yang tertera di pintu candi Pura penataran Pulasari tegak.

         Desa Tegak berasal dari kategakang atau disusukkan. Tegak juga ebrarti tegar, kukuh ( pengukuh / kekuasaan Raja ). Leluhur orang-orang Tegak adalah orang-orang pilihan, hal ini dapat dibuktikan dengan keperwiraan, kekerasan dan karakter lainnya pada keturunannya sekarang ini. Berkat jasa-jasanya, orang-orang Tegak mendapat hak-hak istimewa dari raja Klungkung, seperti tan keneng cecamputan, Tan keneng Pejah Panjing, Wenang Kesampurna. 

  • Dibaca: 2349 Pengunjung