Selamat Datang di Website Resmi Desa Tegak , Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Tegak untuk seluruh masyarakat.

Artikel

Sejarah Desa Tegak

07 Agustus 2018 13:38:09  Administrator  57 Kali Dibaca 

Menurut penuturan para orang tua-tua / serta tokoh-tokoh masyarakat yang dapat dipercaya, bahwasannya desamu Desa Tegak ada berawal dari pernikahan putri raja karangasem yang dipersunting I Dewa Agung Jambe Raja Klungkung pada permulaan abad XVII. Dalam perkawinannya ke Puri Klungkung sang putri dikawal oleh 200 orang pilihan dari 13 desamu desa sewilayah karangasem menuju ke Puri Klungkung.

Pengiring inilah cikal bakal pendiri Desa Tegak serta ditempatkan dipalemahan / wilayah Yang Api (dibarat laut desamu Desa Akah) yang sempat ditugasi memadamkan pemberontakan di Desa Wangsian. Di tempat barunya inilah rombongan ini leluhur orang-orang tegak di tempat barunya harus menghadapi keganasan Dadong guliang yang ahli dalam ilmu pengleakan.

Pada masa itu terjadi permusuhan antara I Gusti Dauh Batan Bingin dengan Raja Klungkung, I Gusti Dauh akan dibantu oleh saudara-saudaranya dari desamu Desa Sidemen dan Desa Selat Duda Karangsem. Untuk menanggulangi hal itu raja Klungkung memerlukan orang-orang kuat, pilihan jatuh kepada pengiring yang mendiami Bumi Yang Api. Pengiring ( leluhur orang-orang Tegak ) mendapat perintah untuk menempati tempat baru yaitu di sebelah timur laut desamu Desa Selat atau Kategakang (sekarang disebut Desa Tegak) mendapat tugas menghadang/ membunuh bala bantuan yang datang dati timur dan utara, bertugas memata-matai gerak-gerik orang Selat atau musuh raja Klungkung.

Di tempat baru leluhur desa Tegak mendirikan Desa dan membagi kekuatan dalam 5 tempek. Kelima pimpinan Tempek yang disebut Perbekel bersatu mempertehankan wilayah Kerajaan Klungkung sehingga ajeglah kekuasaan Raja Klungkung. Sejak itu berawal dari Kategakang, desamu desa itu berubah nama menjadi Desa Tegak.

Perkiraan tahun berdirinya Desa tegak adalah sejaman dengan pemerintahan kerajaan Dewa agung jambe yang memerintah dari Tahun sampai dengan Tahun 1720 masehi. desamu Untuk menguji perkiraan ini dapat kita lihat Candra Sangkala yang tertera di pintu candi Pura penataran Pulasari tegak.

Desa Tegak berasal dari kategakang atau disusukkan. Tegak juga berarti tegar, kukuh ( pengukuh / kekuasaan Raja ). Leluhur orang-orang desamu Tegak adalah orang-orang pilihan, hal ini dapat dibuktikan dengan keperwiraan, kekerasan dan karakter lainnya pada keturunannya sekarang ini. Berkat jasa-jasanya, orang-orang Tegak mendapat hak-hak istimewa dari raja Klungkung, seperti tan keneng cecamputan, Tan keneng Pejah Panjing, Wenang Kesampurna

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


 Pengaduan Online

 Statistik

 Aparatur Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

 Media Sosial

 Arsip Artikel

04 Juni 2019 | 156 Kali
Posyandu Dusun Kajakangin
15 Januari 2020 | 152 Kali
Posyandu Dusun Bajing
02 Februari 2020 | 146 Kali
PSN Dusun Bajing
08 Juni 2019 | 132 Kali
Posyandu Dusun Tengah
08 September 2020 | 118 Kali
PSN Dusun Kajakangin
21 Januari 2020 | 115 Kali
PSN Dusun Tulangnyuh
10 Mei 2019 | 110 Kali
Posyandu di Dusun Tengah

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:67
    Kemarin:801
    Total Pengunjung:330.898
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:192.168.10.4
    Browser:Tidak ditemukan

 Peta Wilayah Desa